SELAMAT DATANG DI SERVIS ELEKTRONIK MENANGABARIS DESA GUNUNG MALANG KECAMATAN PRINGGABAYA KAB. LOMBOK TIMUR PROPINSI NUSA TENGGARA BARAT. Kp. 83655. HP. 081917729110

Kerusakan Horizontal TV LG

TV LG 21FU6RL-T4

Sering menemukan TV LG kondisi mati total. Setelah pengecekan ternyata TR Hor short/koslet sehingga semua tegangan output inverter drop. Mulailah dengan pengangkatan TR tsb dan mengecek kembali tegangannya dan ternyata normal.
Jangan dulu mengganti dengan TR yang baru karena pasti kau akan kehilangan TR tsb karena pasti akan jebol lagi, untung kalo langsung hidup dan normal. Setelah pengecekan pada block Horizontal out ternyata ada capasitor yang yang agak gendut dan setelah diangkat ternyata memang sudah kering tidak ada nilai kapasitansinya.

Capasitor ini terletak pada Colector TR Hor dibypass ke ground yng diparalel denagan Dioda. Untuk LG slim 21" inch biasanya menggunakan 183j 2kv (18n 2kv) untuk yang pearl black 29" menggunakan 103j2kv (10n 2kv). Setelah penggantian capasitor tsb dan TR Hor yang baru mulai menghidupkan TV dan ternyata TV langsung OK.
Pernah juga menemukan TV LG pearl balck 29" kondisi gambar melebar dan sehingga OSD hanya keliahatan separo. Seperti biasa pengacekan masih pada bagian Horizontal. Awalnya mengira pada TR FET drive Hor wide yang rusak dan setelah diangkat dan diukur ternyata FET tsb masih bagus. Dan mulailah kelihatan bagian yang rusak ada elco 250v1uf yang yang sudah mulai gendut dan setelah diganti gambar masih tetap sama.

Dan mulai mencari lagi apanya yang rusak, dan sepertinya mulai ketemu penyakit yg sebenarnya setelah saya mendapatkan Capasitor 154J 600V kelihatan agak gemuk. Mulai mengangkat C tsb dan mengukurnya dengan tester x100K dan ternyata tester tidak bergerak sama sekali pertanda C sudah kering.

Mulai mengganti capasitor tsb, karena tidak punya C yang sama hanya yang ada 204J 250V akhirnya terpaksa diganti dgn yang ini. Mulailah dgn menghidupkan TV dan gambarpun sudah tidak melebar lagi kelihatan sudah normal hanya kurang lebar satu CM karena Capasitornya tidak sama.

Lalu masuk ke menu service dengan menekan MENU di panel 2 kali tahan lalu tekan MENU di remot dan menambahkan nilai HOR WIDE hingga kelebaran gambar sesuai dan dengan menekan OK di remot untuk menyimpan settingan lalu tekan AV untuk keluar. Maka selesailah sudah TV kembali OK...!!!! 


http://menangabaris.blogspot.co.id/2016/01/menerima-servis-elektronik_3.html

TV LG PEARL BLACK MATI TOTAL

Kali ini saya akan berbagi pengalaman dengan rekan rekan pembaca yang budiman, Tv merk LG Pearl Black 21FU3RD, IC prosesor EAN60681601 / LV76211, IC Vertical LA 78141, Tr Horisontal C6090 dan STR W6554A untuk Regulator power suply. Untuk kerusakan TV ini yaitu Mati total,





Pengecekan di mulai dari Power suply, ternyata B+ = nol volt, apakah kira-kira penyebabnya, pengecekan selanjutnya pada Transistor Horisontal, disini transistor ternyata terukur konslet alias sudah jebol. langkah selanjutnya Transistor tersebut kita lepas dari board kemudian mainboard / mesin kita nyalakan, ternyata tegangan B+ ada.

Setelah Transistor horisontal diganti saya coba untuk menyalakan kembali mesin akan tetapi jangan lupa untuk antisipasi agar tr horisontal aman ( takutnya jebol lagi gituuu...) kita pasang lampu pijar 100 w diantara kaki kolektor tr horisontal dan output horisontal dari Fbt. catatan: dari beberapa kasus pada Tv LG pearlblack sering kerusakan terjadi pada blok / bagian horisontalnya, kerusakanya bisa disebabkan dari kapasitornya, flayback yang mengakibatkan transistor horisontal jebol. langkah selanjutnya nyalakan mesin dan perhatikan lampu pijar tsb dalam kondisi harisontal bekerja lampu akan menyala.(tetapi tidak nyala terang, alias redup)

Untuk selanjutnya pengukuran pada tegangan output Fbt, untuk kondisi fbt tidak rusak maka tegangan out put pasti ada walau agak kurang seperti tegangan heater, tegangan video (180 v), tegangan screen dsb. untuk yang terjadi pada kasus ini tegangan output fbt semua ada kecuali tegangan untuk vertikal ( disini tegangan vertikal = nol volt ), Wah...saya curiga jangan jangan IC vertikal jebol juga dan benar saja setelah ic vertikal juga dicabut, dan mesin kembali dinyalakan ternyata tegangan ada ( +/- 26 volt ).

Setelah penggantian Ic vertikal ( LA 78141) kita coba nyalakan mesin dan cek lagi tegangan vertikal, sudah oke. setelah semua tegangan oke selanjutnya kita pasang mainboard pada tabung crt, dan selanjutnya kita lihat hasilnya, ternyata sudah oke.

Kesimpulannya adalah Tv ini rusak Tr Horisontal ( C6090 ) dan IC vertikal ( la 78141), tetapi untuk lebih aman pada blok horisontalnya, ganti juga kapasitor 18 n 2kv. Semoga bermanfaat.
luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com
BANTU KAMI MENYUKAI INI

×

KEGIATAN SERVIS ELEKTRONIK

INFORMASI TERBARU